Sabtu, 10 Januari 2009

Resep Cara Buat Yoghurt - Yoghurt Maker - Bibit Yogurt

Yoghurt atau yogurt, adalah susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Yoghurt dapat dibuat dari susu apa saja, termasuk susu kacang kedelai. Tetapi produksi modern saat ini didominasi susu sapi. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat, yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan bau yang unik pada yoghurt. Yoghurt sering dijual apa adanya, bagaimanapun juga rasa buah, vanilla atau coklat juga populer.


Untuk memproduksi yogurt, persiapan yang diperlukan adalah menyiapkan bibit yogurt, formula, bahan & peralatan produksi.

1. Untuk memulai usaha yogurt. Pertama kali kita memerlukan Bibit Yogurt Serbuk &Yogurt Maker (alat untuk memproduksi starter Yoghurt).



2. Setelah Starter Yoghurt terbentuk, Starter ini bisa di biakkan menjadi Yoghurt (sekala produksi) dgn bahan dasar susu sapi, menjadi Yoghurt yang siap jual (plain yoghurt).
3. Plain Yoghurt dapat diolah menjadi yoghurt aneka rasa, dengan
penambahan juice buah ,essence, pewarna, dan bahan tambahan
lainnya.
4. Produk Olahan Yogurt dari Buku Resep: Yoghurt rasa buah (Fruit Flavoured Yoghurt), Es Yogurt Nanas, Es Putih Salju, Es Mambo Yoghurt, Es Krim Yoghurt Vanilla, Es Yoghurt Pisang dan Madu, Milkshakes Yogurt Mocca dll.
5. Kemasan yang paling sederhana untuk produk Yoghurt memakai
Cup Sealer (mesin penutup gelas aqua).


Tristar, menjual aneka mesin, peralatan & bahan baku home industry, untuk info lengkap bisa klik di: infomesin.com

Tristar Kursus Home Industry:
Kursus Yogurt (diajarkan mulai dari bibit serbuk dan mengembangkan bibitnya).
Aneka Produk Olahan Yogurt. Rp.500.000,-
Apabila ingin mengikuti Kursus Home Industry yang lainnya bisa klik di: Kursustristar.com

CV. Tristar Chemical
Jln. Rungkut Mapan Utara Blok CA24 Surabaya.
Telp 031-8708071. Fax 031-8722794.
Menjual bahan bahan & Peralatan untuk membuat Yogurt, antara lain:

1. Bibit Yogurt Serbuk (starter Yoghurt Serbuk)
2. Yoghurt Maker (Alat untuk memproduksi yoghurt dari bibit serbuk menjadi bibit cair)
3. Formula & Buku Resep + Foto step by step cara pembuatan yoghurt mulai dari bibit serbuk hingga yoghurt Plain.
6. Aneka Olahan Yogurt: Resep Aneka Minuman Yogurt & Ice Cream Yogurt. Yoghurt rasa buah (Fruit Flavoured Yoghurt), Es Yogurt Nanas, Es Putih Salju, Es Mambo Yoghurt, Es Krim Yoghurt Vanilla, Es Yoghurt Pisang dan Madu, Milkshakes Yogurt Mocca dll.
4. VCD Cara Membuat & Memproduksi Yoghurt
5. Ongkos Kirim diluar Surabaya.

Apabila berminat dapat memesan, pembayaran melalui transfer :
BCA A/N Juwono Saroso. A/C: 6750035050.
Setelah Transfer, bisa SMSkan ke 031–71933131 (Lutfiana).
Formula, Bahan & Alat akan kami kirimkan.

YOGURT
Bahan Pangan “ajaib” Pecegah Penuaan Dini

Yoghurt pertama kali ditemukan oleh warga Turki. Awalnya para penggembala domba menyimpan susu hasil perahannya pada kantung yang terbuat dari kulit domba. Setelah disimpan beberapa waktu, susu terfermentasi oleh bakteri sehingga menjadi asam, teksturnya mengental namun tidak basi. Hasil temuan inilah yang berkembang menjadi yoghurt seperti kita kenal sekarang.

Dalam perkembanganya, yoghurt menjadi produk pangan yang diterima dengan baik bahkan menjadi salah satu bahan pangan favorit di seluruh belahan bumi, temasuk Indonesia. Mudahnya masyarakat menerima yoghurt karena cita rasanya khas, lembut, asam, segar dan banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.
Pada kebanyakan negara, produk mungkin disebut yoghurt hanya jika bakteri hidup ada di produk akhir. Produk yang telah dipasteurisasi, yang tidak punya bakteri hidup, disebut susu fermentasi (minuman).
Resep Cara Membuat Yoghurt

Yoghurt adalah produk yang dibuat dengan cara mengasamkan susu dengan bakteri asam laktat. Starter yang digunakan biasanya lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus. Bakteri ini ditambahkan ke dalam susu yang telah dipasteurisasi, kedua bakteri inilah yang akan memfermentasi laktosa (gula susu) menjadi asam laktat. Dalam tahap ini akah di hasilkan flavour yoghurt yang khas, cita rasanya asam dan teksturnya mengental karena koagulasi protein susu oleh asam.

Yoghurt dibuat dengan memasukkan bakteri spesifik ke dalam susu di bawah temperatur yang dikontrol dan kondisi lingkungan, terutama dalam produksi industri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa. Keasaman meningkat menyebabkan protein susu untuk membuatnya padat. Keasaman meningkat (pH=4-5) juga menghindari proliferasi bakteri patogen yang potensial. Di AS, untuk dinamai yoghurt, produk harus berisi bakteri Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus.

Aneka Jenis Yoghurt
Di pasaran banyak dijumpai aneka jenis yoghurt. Plain yoghurt adalah salah satunya, yoghurt ini warnanya putih dan rasanya asam. Jenis ini cocok untuk campuran aneka jenis masakan, kue, pudding atau minuman karena cita rasanya netral. Selain plain yoghurt, ada juga fruit yoghurt, jenis yang di dalamnya sudah ditambahkan sari dan potongan buah-buahan. Fruit yoghurt lezat dimakan langsung karena sudah ditambahkan aneka buah untuk memperkaya rasa. Selain rasa buah, kini banyak juga kita jumpai yoghurt dengan aneka rasa seperti coklat, vanilla dan mocca.

Lezat Untuk Masakan
Cita rasa yoghurt yang creamy, asam dan segar tidak Cuma lezat dikonsumsi langsung. Aneka jenis masakanpun lebih lezat jika Anda menambahkan yoghurt ke dalamnya. Jika anda membuat satai atau olahan dari daging seperti shish kabab atau chicken tandori, cobalah menambahkan plain yoghurt dalam bumbu perendam. Hasilnya selain memperkaya nilai gizi, olahan daging pun akan lebih empuk, gurih dan lezat. Hidangan lain yang cocok dikombinasikan dengan yoghurt adalah ceam soup, saus salad, pudding, ice cream dan minuman segar seperti juice.

Manfaat Terkandung
Yoghurt kaya akan protein, beberapa vitamin B, dan mineral yang penting. Yoghurt memiliki lemak sebanyak susu darimana ia dibuat.
Karena struktur laktosa yoghurt dirusak, maka yoghurt bisa dikonsumsi orang yang alergi terhadap susu. Yoghurt kaya dengan vitamin B.
Ditilik dari komposisi zat gizinya, yoghurt sangat tinggi kalsium dan zat besi, zat yang baik untuk mencegah keropos tulang . Berdasarkan sumber The Wellness Encyclopedia (1991) menyebutkan bahwa setiap 227 gr yoghurt mengandung 275 – 400 mg kalsium, angka yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan sumber kalsium yang lain. Kandungan gizi lain adalahvitamin B-komplek untuk kesehatan reproduksi, protein untuk pertumbuhan, mineral dan vitamin lain untuk menjaga dan memelihara kesehatan sel tubuh.

Bagi para penderita lactose intolerance, yoghurt dapat menjadi pengganti susu karena laktosa sudah dirubah menjadi asam laktat sehingga aman untuk dikonsumsi. Lain halnya dengan penelitian Ellie Metchnikoff (pemenang nobel kedokteran 1908). Hasil penelitiannya yang dilakukan di Balkan menyimpulkan bahwa ada korelasi positif antara kosumsi yoghurt dengan panjang umur. Terbukti, penduduk Balkan yang banyak mengkonsumsi yoghurt mempunyai usia yang panjang (± 87 tahun). Menurut Ellie, kebiasaan mengkonsumsi yoghurt yang mengandung bakteri aktif bermanfaat untuk mencegah terjadinya keracunan akibat radikal bebas(penyebab kanker ) dan penuaan dini.

Untuk manfaat maksimal, pilih yoghurt yang tanpa bahan pengawet, pemberi rasa dan warna. Plain yoghurt adalah pilihan yang baik, selain mengandung bakteri aktif yang baik untuk system pencernaan, jenis ini juga tanpa penambahan bahan-bahan kimia berbahaya. Jangan lupa untuk menyimpanya dalam suhu dingin karena yoghurt tinggi protein dan mengandung bakteri aktif yang mudah rusak jika disimpan pada suhu ruang.

1 komentar:

  1. wah mantap bro, kalau di makan dengan teh coba ini ya Teh Pelangsing atau kalau mau sambil liat busana ada di Koleksi Busana | Baju Muslim Terima Kasih.

    BalasHapus